Rabu, 11 April 2012

jenis Bimbingan dan Konseling

JENIS-JENIS BIMBINGAN DAN KONSELING

Bimbingan dan konseling terbagi atas beberap jenis berdasarkan sudut pandang tertentu. Jenis bimbingan pada dasarnya terdiri atas tiga jenis, yaitu berdasarkan banyaknya orang yang dibimbing pada waktu dan tempat tertentu. (bentuk bimbingan); berdasarkan tujuan yang ingin dicapai dalam pelayanan bimbingan dan konseling(sifat bimbingan); berdasarkan bidang tertentu dalam kehidupan siswa dan mahasiswa (ragam bimbingan.
A.    Bentuk bimbingan
Bentuk bimbimbingan lebih mengarah pada jumlah orang yang diberikan bimbingan. Bimbingan terbagi menjadi dua, bimbingan individual dan bimbingan kelompok
. Bimbingan individual dilakukan bila siswa yang dibimbing satu orang dan disalurkan melalui bimbingan konseling. Bimbingan kelompok kecil biasanya dilakukan dengan cara berdiskusi untuk menyampaikan suatu hal yang bersifat kebenaran.
B.    Sifat-sifat bimbingan
Sifat bimbingan lebih menunjuk pada tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksnaan bimbingan.
Sifat bimbingan terbagi manjadi ;
•    Bimbingan perseveratif atau bimbingan developmental, tujuan utamanya mendampingi siswa suoaya perkembangannya berlangsung secara optimal
•    Bimbingan preventif bila tujuan utamanya adalah membekali siswa agar lebih siap menghadapi tantangan-tantangan dimasa datang dan dicegah timbul masalah yang serius dikemudian hari.
•    Bimbingan korektif atau penyembuhan bilamana tujuan utama adalah membantu siswa dalam mengoreksi perkembangan yang mengalami salah jalur.
•    Bimbingan pemeliharaan bilamana ditujukan sebagai kelanjutan dari bimbingan korektif.
C.    Ragam-ragam bimbingan
Ragam bimbingan menunjuk pada bidang kehidupan tertentu pada aspek perkembangan tertentu yang menjadi folus atau perhatian dalam bimbingan dan konseling.
Ragam-ragam bimbingan antara lain bimbingan karier, bimbingan akademik, bimbingan pribadi-sosial.
Bimbingan karier adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapi dunia pekerjaan, dalam memilih lapangan pekerjaan, dan dalam menyesuaikan diri dengan berbagai tuntutan dari lapangan pekerjaan yang dimasuki.Bimbingan karier dalam sekolah mempunyai peranan dalam penentuan siswa memlilh hurusan, atau perguruan tinggi.
 Bimbingan akademik adalah bimbingan dalam hal menemukan cara belajar yang tepat, dalam memilih program studi yang sesuai, dan dalam mengatasi kesukaran yang timbul berkaitan dengan tuntutan-tuntutan belajar disekolah.
Bimbingan pribadi-sosial berarti bimbingan dalam menghadapi keadaan batin seseorang, dan mengatasi berbagai pergumulan dalam batinnya sendiri, dalam mengatur sendiri bidang kerohanian, perawatan jasmani, pengisian waktu luang, penyaluran nafsu seksual dan sebagainya; serta bimbingan dalam membina hubungan kemanusiaan dengan sesama diberbagai lingkungan (pergaulan sosial).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar